Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Apa itu kolesterol?

Kolesterol merupakan salah satu senyawa lemak (lipid) yang menyerupai lilin yang ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Zat ini mungkin sering dipandang sebagai zat yang negatif. Hampir semua orang beranggapan bahwa mereka harus menghindari semua makanan berkolesterol tinggi. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya kolesterol itu dibutuhkan oleh tubuh?

Betul, Kolesterol ini berperan untuk membuat hormon (seperti hormon testosteron, kortisol, dan estrogen), vitamin D, dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak dari makanan. Pada dasarnya tubuh kita sebenarnya sudah di ciptakan  untuk dapat membuat semua zat tersebut, tapi ini mungkin hanya dalam jumlah yang kecil.

Untuk memproduksi lebih banyak zat ini, organ hati akan mengolahnya dari makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh yang dikonsumsi oleh tubuh. Hal itu dapat menyebabkan kolesterol dalam darah menjadi meningkat/tinggi.

LDL dan HDL

Melalui aliran darah, kolesterol bergerak dalam bentuk lipoprotein. Lipoprotein terbuat dari lemak di bagian dalamnya dan protein di bagian luarnya. Ada dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh kita.

  • Low density lipoprotein (LDL) yang disebut juga dengan kolesterol jahat.

Salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke karena terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri (yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh), dan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah itu disebabkan oleh adanya penumpukan LDL yang tinggi dalam tubuh.

  • High density lipoprotein (HDL) yang disebut juga dengan kolesterol baik.

HDL berperan membawa kolesterol dari bagian tubuh lain kembali ke organ hati. Kemudian organ hati akan memecahkan dan menghilangkan  zat ini dari tubuh. Jumlah HDL yang lebih tinggi daripada LDL dalam tubuh merupakan hal yang baik untuk kesehatan dan dapat membantu mencegah tubuh dari berbagai penyakit kronis.

Pemeriksaan kadar kolesterol penting dilakukan, untuk mengetahui kadar kolesterol LDL dan HDL. Hal ini dilakukan sebagai salah satu pencegahan terhadap penyakit kronis, diantaranya penyakit jantung dan stroke. Pemeriksaan ini disebut dengan propil lipid. Tes profil lipid mengukur jumlah kolesterol total yang ada dalam tubuh, jumlah LDL, jumlah HDL, dan jumlah trigliserida.

Lalu berapakah batasan normalnya? Batasan normalnya adalah sebagai berikut:

  • Kadar kolesterol total yang baik dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dl, bila kadarnya mencapai 240 mg/dl atau lebih maka termasuk dalam kategori tinggi .
  • Kadar LDL yang baik dalam darah adalah kurang dari 100 mg/dl, dan akan membahayakan kesehatan Anda bila kadarnya mencapai 160 mg/dl atau lebih.
  • Kadar HDLyang baik dalam tubuh adalah 40 mg/dl atau lebih, dan bila kadarnya kurang dari 40 mg/dl dapat dikatakan rendah.
  • Kadar trigliserida yang baik dalam darah adalah kurang dari 150 mg/dl, dan bila kadarnya mencapai 200 mg/dl atau lebih termasuk dalam kategori tinggi .

Beberapa Sebab Seseorang Mengalami Kolesterol Tinggi

Diantara faktor penyebab Kadar LDL dan HDL dalam tubuh bisa dipengaruhi oleh:

  • Asupan Makanan . Makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang dikonsumsi dapat menyebabkan kadar LDL Anda meningkat. Contoh makanan yang mengandung lemak tinggi adalah gorengan, ayam dengan kulit, daging berlemak, dan fast food.
  • Berat badan yang berlebih. Seseorang yang berat badannya berlebih atau obesitas akan cenderung mempunyai kadar LDL yang tinggi.
  • Usia. Kadar LDL cenderung akan mengalami kenaikan juga dapat dipengaruhi oleh faktor usia. Semakin tua seseorang maka semakin tinggi kadar LDL nya. Hal ini bisa saja dipengaruhi oleh perubahan fungsi dan metabolisme tubuh yang semakin menurun. Sehingga tidak heran orang yang lanjut usia akan memiliki jumlah LDL yang lebih besar daripada orang yang lebih muda.
  • Kurang olahraga. Olahraga dapat membantu meningkatkan kadar HDL dan juga membuat LDL menjadi kurang berbahaya, dengan cara meningkatkan ukuran partikel yang membentuk HDL.
  • Riwayat keluarga. Anda mungkin akan mengalami kolesterol tinggi bila anggota keluarga Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi. Orang kurus yang mempunyai keturunan kolesterol tinggi pun bisa jadi mempunyai resiko kolesterol yang tinggi juga. Jadi, penyakit ini tidak hanya bisa dimiliki oleh orang gemuk saja. Genetik dapat mengontrol sel agar tidak menghilangkan LDL dalam darah dengan cepat atau juga dapat menyebabkan hati menghasilkan terlalu banyak LDL. Oleh karena itu, jika Anda mempunyai keturunan kolesterol tinggi, sebaiknya kontrol faktor-faktor yang bisa dicegah dan dirubah (seperti menjaga asupan makan dan berolahraga).

Waspada Gejala-Gejala Kolesterol Tinggi

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya tengah mengalami kolesterol tinggi, apalagi jika ia tidak pernah memeriksakannya. Biasanya ia tahu bahwa dirinya punya kondisi ini bersamaan dengan diagnosa penyakit lain, seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, atau stroke. Tentu, ini sudah telat untuk mencegah penyakit tersebut muncul.

Sebenarnya tidak ada tanda maupun gejala khusus yang ditimbulkan jika seseorang memiliki kondisi ini. Melakukan pemeriksaan kadar HDL dan LDL merupakan satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda mempunyai kadar kolesterol tinggi atau masih dalam batas normal.

Untuk itu, Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan profil lipid secara rutin guna mencegah perkembangan penyakit kronis yang bisa disebabkan oleh kondisi tersebut. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Bahaya Jika Kolesterol Tinggi Tidak Diobati

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan aterosklerosis, yaitu penumpukan plak yang terjadi di dinding pembuluh darah arteri. Hal ini bisa menyebabkan penyumbatan pada sebagian atau seluruh aliran darah dan menyebabkan penyakit jantung koroner. Jika aterosklerosis terjadi pada pembuluh darah arteri yang memasok darah ke jantung (arteri koroner), Anda mungkin akan merasa nyeri dada (angina) dan gejala penyakit jantung koroner lainnya. Jika hal di terjadi terus menerus dalam waktu yang lama, plak bisa pecah dan menyebabkan gumpalan darah terbentuk di permukaan plak. Pembentukan gumpalan darah bisa menghalangi aliran darah ke jantung dan membuat otot jantung kekurangan oksigen maka bagian otot jantung mulai mati dan serangan jantung bisa terjadi apabila tidak di tangani dengan cepat

Plak juga bisa terbentuk di pembuluh darah arteri pada bagian tubuh lain selain jantung, seperti pembuluh darah arteri yang membawa darah kaya oksigen ke otak dan anggota badan. Hal ini dapat menyebabkan aliran darah tersumbat dan mengakibatkan masalah, seperti penyakit arteri karotid, penyakit arteri perifer, dan stroke.

Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Pola Hidup Sehat

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan LDL dan meningkatkan HDL sehingga Anda terhindar dari risiko penyakit kronis. Dengan melakukan cara-cara di bawah ini, Anda tidak perlu mengonsumsi obat penurun kolesterol. Seperti:

1. Mengubah kebiasaan makan

Asupan makanan sangat berpengaruh pada kadar kolesterol. oleh karena itu, salah satu cara untuk menurunkan kolesterol yang paling ampuh adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hal ini bertujuan untuk menjaga kadar HDL dan LDL tetap terjaga. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans tinggi. Jenis lemak ini dapat meningkatkan LDL dalam darah. Contoh makanan yang harus dihindari atau dibatasi konsumsinya adalah jeroan, daging berlemak, mentega, krim, makanan berminyak atau yang digoreng, susu tinggi lemak, dan lainnya.

2. Menurunkan berat badan

Orang yang bermasalah dengan berat badan berlebih cenderung memiliki LDL yang lebih tinggi dibandingkan HDL. Hal ini karena biasanya orang gemuk sering makan berlebihan dan jarang melakukan olahraga. Agar terhindar dari kolesterol tinggi, maka disarankan agar Anda menurunkan berat badan jika Anda mempunyai berat badan berlebih. Ya, menurunkan berat badan merupakan salah satu obat kolesterol alami yang ampuh. Tidak perlu menurunkan berat badan sampai kurus. Cukup turunkan berat badan Anda sampai mencapai berat badan normal. Efek penurunan berat badan ini sangat positif sekali terhadap kadar LDL dan HDL Anda. Penurunan berat badan 5 kg saja sudah mampu mengurangi kadar kolesterol sampai 8 persen.

3. Melakukan olahraga teratur

Olahraga yang teratur dapat menurunkan berat badan Anda. Selain itu, olahraga teratur juga dapat membantu meningkatkan kadar HDL serta menurunkan kadar LDL dan trigliserida. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari atau 150 menit per minggu.

4. Berhenti merokok

Bagi anda yang merokok, segera berhentilah merokok. Merokok dapat menurunkan HDL dalam tubuh, dengan menurunnya HDL dalam tubuh, maka kadar LDL bisa terus meningkat. Merokok juga dapat melukai dinding pembuluh darah Anda. Berhenti merokok juga bisa jadi obat kolesterol alami yang dapat membantu mengendalikan kolesterol tinggi.

5. Menghindari stres

Kadar LDL bisa meningkat saat anda mengalami stres. Maka dari itu, Anda harus dapat menghindari stres untuk menurunkan kadar kolesterol anda. Carilah beberapa aktivitas yang akan membuat diri anda tenang dan nyaman. Dengan melakukan aktivitas tersebut anda akan terhindar dari stres. Jangan lupa cukupi kebutuhan istirahat anda, dengan tercukupinya istirahat tubuh akan terasa nyaman dan faktor stres akan berkurang dan dapat dihindari.

Berbagai Pilihan Makanan Penurun Kolesterol

Makanan merupakan salah satu obat kolesterol alami yang ampuh membantu menurunkan kolesterol. Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik (lemak tak jenuh) dibandingkan lemak jahat (lemak jenuh dan lemak trans) dapat menghindari LDL yang tinggi.

Berikut ini adalah contoh makanan sumber lemak tak jenuh yang bisa jadi obat kolesterol alami untuk membantu menurunkan kadar LDL yang tinggi:

  • Minyak zaitun
  • Ikan salmon, ikan tuna, sarden, ikan herring, atau ikan kaya omega-3 lainnya (tapi, sebaiknya jangan diolah dengan cara digoreng)
  • Alpukat
  • Kacang kenari, almond, mede, kedelai, dan kacang-kacangan lainnya

Makanan tinggi serat juga merupakan makanan penurun kolesterol dan obat kolesterol alami. Serat dapat membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Serat pada makanan dapat menghalangi penyerapan zat ini oleh tubuh dan membantu mengeluarkannya dari tubuh melalui feses.

Sayuran dan buah-buahan merupakan kelompok makanan yang mengandung serat tinggi sekaligus menjadi obat kolesterol alami terbaik. Selain itu, oatmeal dan makanan yang terbuat dari gandum utuh juga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga cocok sebagai obat kolesterol alami yang dapat Anda konsumsi sehari-hari.

Penggunaan Suplemen Sebagai Obat Alami Kolesterol

Penggunaan obat herbal kolesterol mungkin dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Namun jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi obat herbal kolesterol sebagai tambahan pengobatan, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter yang menangani Anda.

Berikut ini akan disampaikan beberapa jenis suplemen yang bisa dijadikan obat alami kolesterol.

Minyak ikan

Kandungan yang terdapat dalam minyak ikan terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida hingga 30 persen. Dalam minyak ikan terdapat kadar omega-3 yaitu EPA dan DHA. Khasiat lain dari minyak ikan adalah meminimalisir pembengkakan dan pembekuan darah, serta meningkatkan kolesterol baik (HDL). Inilah yang membuat minyak ikan banyak dijadikan sebagai obat herbal kolesterol. Namun, perlu menjadi perhatian juga pada beberapa jenis minyak ikan terdapat kadar merkuri serta polutan yang tinggi. Pilihlah obat herbal kolesterol yang telah teruji klinis bebas dari logam berat seperti merkuri dan timbal serta racun lingkungan lainnya, termasuk bifenil poliklorinat atau PCB.

Psyllium

Psyllium atau yang lebih dikenal dengan nama Plantago ovata merupakan tanaman yang hanya tumbuh di India. Namun, herbal ini telah lama dikonsumsi sebagai suplemen yang berasal dari sumber serat makanan alami. Tanaman ini juga termasuk jenis serat larut air yang bisa melarutkan kolesterol dan menurunkan trigliserida serta kolesterol total, terutama bagi penderita diabetes tipe 2. Obat herbal kolesterol ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Niacin

Merupakan suplemen vitamin B yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 30 persen. Agar manfaatnya terasa, suplemen ini perlu diminum dalam dosis besar, yaitu sebanyak 1 sampai 3 gram sehari. Karena harus diberikan dengan dosis tinggi, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat herbal kolesterol ini.

Teripang Emas

Teripang emas dengan nama latin “Golden Stichoupus Variegatus” adalah salah satu spesies hewan laut yang memiliki bentuk seperti timun, karena bentuknya seperti timun maka hewan ini sering disebut dengan Timun Laut.

Hewan ini bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, lumpur pasir maupun dalam lingkungan terumbu. Teripang telah teridentifikasi memiliki 1250 lebih spesies yang berbeda dan tersebar luas di seluruh lautan bumi.

Salah satu kandungan yang terdapat dalam teripang emas adalah Omega 3. Yaitu asam lemak yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sehingga teripang emas menjadi salah satu solusi untuk mengobati kolesterol tinggi. Kenapa teripang emas dapat mengobati kolesterol tinggi? Karena berbagai kandungan yang terdapat dalam teripang emas mampu mengatasi masalah kolesterol seperti:

  • Menurunkan kolesterl jahat LDL, menaikan kolesterol baik HDL
  • Mengurangi kekentalan darah
  • Mencegah terjadinya penggumpalan darah
  • Menurunkan resiko terjadinya gangguan kardiovaskular

Untuk memanfaatkan teripang ini, Kini Anda tidak perlu menangkapnya atau pergi ke pasar-pasar tradisional di pesisir pantai. Dengan perkembangan dan teknologi ilmu pengobatan kini telah banyak obat herbal yang memanfaatkan teripang emas tersebut.

Telah Hadir Herbal Alami

Solusi Praktis  Pengobatan Kolesterol Anda Secara Cepat dan Alami

Jelly Gamat Mitoha ini terbuat dari Teripang Emas yang di padukan dengan bahan alami lainnya seperti Pengemulsi Nabati, Asam Sitrat, Potasium Sorbate, Air RO dan Ekstrak Buah & Sayur,  sehingga aman di konsumsi tanpa efek samping. Di produksi oleh PT Jatim Herbal Perkasa. Jelly Gamat Mitoha ini telah memiliki izin resmi BPOM dengan Nomor POM TR 173 605 291

Hasil penelitian Prof. Ridzwan Hashim (Universitas Kebangsaan Malaysia)
Mengemukakan Teripang Emas dalam obat tradisional Jelly Gamat mengandung 86% Protein yang mudah terurai oleh enzim pepsin dalam tubuh manusia, dari jumlah itu didapat sekitar 80% berupa kolagen sebagaimana kita tahu Kolagen bermanfaat sebagai jaringan dalam pertumbuhan tulang dan sendi. Penenlitian Beliau lainnya menemukan bukti shahih yakni Teripang bahan utama obat herbal Jelly Gamat memiliki sifat anti bakteri-bakteri dan virus. Gizi lengkap dalam Tripang berupa 25 komponen vitamin, 10 jenis mineral, 9 jenis karbohidrat, 5 jenis sterol, 59 jenis lemak, dan 19 jenis asam amino mampu memelihara dan menjaga kesehatan tubuh.

Jelly Gamat Emas Berkhasiat Untuk :

Mempercepat penyembuhan luka pasca operasi

Baik untuk paru-paru, asma, TBC, tipes

Memelihara kesehatan sendi dan tulang serta mencegah osteoporosis

Membuat kulit menjadi lebih muda dan memperlambat penuaan dini

Asam urat,Reumatik, Alergi gatal pada kulit, Gondok, Amandel, Ambeien, Darah Tinggi, Ginjal, Herpes.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Jelly Gamat Mitoha

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami | admin | 4.5